Senin, 15 April 2013

Cara Membuat Syal Cantik

Membuat Syal dengan Finger Knitting


Merajut ternyata tidak ribet, hanya dengan jari Anda bisa membuat syal lho. Teknik inilah yang dikenal dengan finger knitting atau merajut dengan jari, atau disebut juga yubiami. Alat dan bahan untuk membuat syal rajut ini juga mudah ditemukan, seperti benang rajut, gunting dan tentu saja modal utamanya, tangan Anda. Tertantang untuk mencobanya?

 



Cara membuat syal dengan teknik finger knitting:
1. Kaitan awal (boleh digunakan boleh tidak)
Caranya: siapkan benang, lalu bentuk lingkaran kecil, tahan dengan ibu jari tangan kiri, lalu tarik benang di bawahnya membentuk simpul. Kaitkan pada ibu jari tangan kiri.

2. Membuat jalur rajut
Posisikan tangan kiri dengan telapak tangan di atas. Mulailah menyelipkan benang ke masing-masing jari. Awali dengan melewati bagian atas jari telunjuk, bagian bawah jari tengah, dan seterusnya hingga kembali lagi ke jari telunjuk. Lalu letakkan benang di atas jari tanpa menyelipkannya.

3. Merajut
Ambil benang yang diselipkan (mulai dari telunjuk), lalu lompatkan melewati benang lurus dan jari hingga bagian belakang. Begitu seterusnya hingga jari kelingking.

4. Letakkan kembali benang di atas jari tanpa diselipkan, ulangi step 3, dimulai dari jari kelingking hingga telunjuk. Terus ulangi hingga mencapai panjang yang diinginkan.

5. Menutup rajutan
Potong benang sekitar 20 cm. Jika benang berakhir di jari telunjuk, selipkan benang melalui bagian bawah benang jari telunjuk lalu tarik. Hasil benang yang ditarik selipkan lagi di bawah jari tengah dan tarik. Teruskan hingga jari kelingking (jika benang berakhir di jari kelingking, mulailah dari jari kelingking). Lepas perlahan hasil rajutan dari jari, tarik hingga tersimpul.

Tips

1. Jika ingin menghentikan sementara, gunakan pensil atau benda sejenis, sebagai pengganti jari. Lalu pasang lagi di jari, saat kita hendak meneruskannya.

2. Untuk mendapatkan warna yang bervariasi, bisa digabungkan dua benang berbeda warna atau lebih.

3. Ketebalan benang akan memengaruhi ketebalan syal yang dihasilkan.




Sumber:http://female.kompas.com/read/2010/12/30/19174796/membuat.syal.dengan.finger.knitting

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar